http://www.blogsvertise.com/?rid=b33848
PENGUNJUNG SAAT INI

Bus Penumpang Terbalik, Seorang Tewas dan Tujuh Luka Berat

Bus penumpang CV Sepadan BK 7601 TH terbalik di Km 17-18 Jalan Siantar-Perdagangan, tepatnya di kawasan Nagori Bangun Kecamatan Gunung Malela Simalungun, menyebabkan seorang tewas dan 7 luka berat, Minggu(4/4) pagi.(Selengkapnya...)

KATEGORI BERITA

Senin, 05 April 2010


Label:

Ditemukan Cara Singkat untuk Menilai Hasil Pengobatan Rematik

harian analisaMedan, (Analisa)

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sumatera Utara (USU) dr Blondina Marpaung SpPD-KR berhasil meraih gelar doktor (S3) dalam ilmu kedokteran universitas tersebut setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji baik


komisi luar penguji maupun tim pembimbing di ruang sidang IMT-GT USU Medan, Senin (29/3).

Disertasi disampaikan, "Penggunaan Petanda Biokimia Asam Hialuronat Serum dan CTX-II Urin terhadap Penilaian Hasil Pengobatan Osteoartritis Lutut" dengan penguji Prof Handoko Kalim (FK Brawijaya Malang), Drs Sutarman MSc PhD, Prof Harun Rasyid Lubis, Prof Dr Edu Tehupeiory (FK Hasanuddin Makassar), Prof Dr Hadyanto Lim, prof Ok Moehad Sjah, SpPD KR dan Prof Chairuddin P Lubis. Hadir pada kesempatan itu Dekan FK USU Prof Gontar Siregar dan Prof dr Syahril Pasaribu.

Dalam sidang itu Dr dr Blondia Marpaung yang merupakan putri almarhum Prof dr Boloni Marpaung SpPD KGEH dan Masnida br Ritonga berhasil menjawab semua pertanyaan para penguji dengan lancar dan tangkas.

Dijelaskannya, petanda biokimia asam dan hialuronat dapat dipakai untuk menilai hasil pengobatan OA dan terjadi penurunan yang signifikan terhadap rerata kadar asam hialuronat serum yang diperiksa pada akhir penelitian dibandingan dengan awal penelitian pada kelompok yang menggunakan terapi diacerein.

Petanda biokimia asam hialuronat serum dan CYX-II urin sudah dapat dipakai dalam mengevaluasi hasil pengobatan OA karena terbukti efektif, efisien dan pasien tidak terpapar radiasi. Perlu penelitian lanjutan yang menilai kadar petanda biokimia berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin, katanya.

Lebih singkat

Sementara itu ketika ditanya wartawan, untuk menilai hasil suatu pengobatan penyakit rematik telah ditemukan cara yang lebih singkat dan pasti. Kalau selama ini, biasanya pasien makan obat itu terus, sekarang bisa diteliti dalam waktu tiga bulan penggunaan obat, maka akan diketahui cocok atau tidak terhadap pasien. Kalau tidak cocok diganti dengan pengobatan lain, karena jenis obat itu banyak macamnya.

Sementara Rektor USU Prof Chairuddin P Lubis seuasi ujian mengatakan, selaku pimpinan USU menyampaikan selamat atas keberhasilan yang diperoleh Dr Blondina Marpaung SpPD-KR kepada yang bersangkutan dan seluruh keluarga.

Dikatakannya, rata-rata di bidang kedokteran ada 5000 penelitian di bidang bymedical per hari, 1800 bidang medicyn per hari. Jadi dapat dibayangkan per harinya hanya sekian judul jurnal yang terbit, sedangkan seorang dokter dituntut terus belajar. Maka perlu dibagi waktu secara baik, agar kemampuan ilmu tidak turun. "Kita harus berguna bagi orang lain, agar tidak dianggap terbuang. Selain itu, perhatian terhadap anak-anak jangan dilupakan," ujarnya.

Hadir juga pada ujian tersebut suami Blondina Marpaung SpPD-KR, Ir Surung Panjaitan putra-putrinya, Enrico Surya, Grace Jesica Leoni dan Edward Alexander. Ibunya Masnida br Ritonga, adik-adiknya, dr Vera Marpaung SpKJ MKes/dr Leonardo Dairi SpPD KGEH, Ir Richard Marpaung/Hirim Sirait SH SPn, anggota DPRDSU Rooslynda Marpaung (isteri Ir GM Chandra Panggabean, dr Hans Marpaung MM SpB/Vera Emelia Soronga, tulangnya Brigjen Pol Drs Marthin Ritonga MSi dan lainnya. (rrs)


Back



0 komentar:

Berita Terkait :

LOWONGAN KERJA